(021) 7289 5772
081281229988
Artikel

Efek Air Terjun Untuk Taman

air terjun Efek Air Terjun Untuk TamanAir memberikan efek penenangan, melalui gerakan/aliran dan suara. Unsur inilah yang dikembangkan dalam penataan taman.  Saat ini sering ditemui taman dengan dinding berlapis batu alam atau dari beton, mengalir air di atas permukaannya. Atau air yang terjun dari ketinggian tertentu.

Sedangkan untuk menghasilkan air terjun yang menimbulkan suara dan gerakan yang lebih dinamis, dirancang ambalan dari berbagai ukuran dan bentuk sehingga saat air jatuh ke permukaan kolam, akan terlihat pecahan air yang menimbulkan suara yang lebih keras. Keras lembutnya suara air tergantung dari debit air.

Aliran air yang jatuh dari ketinggian tertentu tidak hanya menimbulkan suara gemercik namun gerakan jatuhnya menimbulkan efek psikologis tertentu bagi siapa saja yang memandang.

Penempatan dinding dengan aliran air itu menjadi titik pandang dari berbagai sudut sehingga dari sudut mana pun seseorang berada, dia akan mudah menikmati aliran air dan rancang taman di sekitarnya

Jika memilih batu alam sebagai lapisan permukaan, harus diperhatikan ketahanannya.

Beberapa batu alam memang ‘empuk’ atau rentan hancur/terkikis. Batu alam jenis ini dapat digunakan sebagai hiasan di samping air terjun.

Akan tampak jauh lebih menarik jika air terjun dilengkapi dengan pencahayaan, karena akan tercipta nuansa tersendiri. Tentunya pemilihan jenis lampu dan instalasinya mesti diperhatikan secara matang agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan.

Yang paling dikhawatirkan dari adanya kolam atau bentuk genangan air adalah timbulnya jentik nyamuk. Hal ini bisa diantisipasi dengan memelihara ikan pada kolam atau pemberian bahan kimia seperti kaporit dan abate.  Selain bisa membantu mencegah adanya jentik nyamuk juga mampu menjernihkan air dan mencegah lumut.

Artikel Sebelumnya

Artikel Terkait

  • No related tags

Leave a comment